Tips Memilih Epoxy Lantai pada Industri Makanan

Ruang pengolahan makanan terutama untuk industri makanan membutuhkan lantai yang tak licin dan antibakteri atau jamur. Epoxy lantai menjadi pilihan. Namun dibutuhkan tips memilih agar dapat mendukung kelancaran dan higienis makanan yang diolah.

“Dalam industri makanan, flooring system memiliki peran yang sangat penting dalam membantu menjaga kebersihan ruangan (higienis), memaksimalkan kinerja produksi, hingga dapat meminimalisir kecelakaan, dan melindungi pergerakan alat-alat atau pergerakan manusia agar tidak jatuh dan terpeleset,” kata CEO PT Propan Raya, Kris Rianto Adidarma dalam keterangan tertulis.

“Apalagi industri makanan rentan dengan bahan makanan yang dapat berpotensi tumbuh jamur dan bakteri di sekitar area produksi. Selain itu, jika industri tersebut menggunakan peralatan kerja berat, seperti trolley, handclift, atau forklift rentan membuat lantai beton atau keramik menjadi rusak,” lanjut Kris.

Karena itu, kata Kris, epoxy lantai adalah pilihan yang paling tepat untuk digunakan. Epoxy adalah cat pelapis lantai beton. Kris memberikan tips memilih epoxy yang pas untuk industri makanan. “Harus high impact resistant, excellent flow (mudah merata) dengan hasil akhir mulus seperti kaca, tahan terhadap gesekan dan beban berat serta tahan terhadap bahan kimia. Dan yang paling penting adalah sudah tersertifikasi food grade dan antibacterial Performance,” papar Kris.

Advertisement

Propan melalui epoxy merek Polyfloor, kata Kris, memberikan solusi dengan berbagai jenis cat epoxy untuk kebutuhan. “Polyfloor Epoxy Propan memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi karena memiliki karakteristik yang dibutuhkan lantai di industri makanan,” tegas Kris yang mengusung tema ‘Makanan yang Bersih Berawal dari Lantai Higienis’ pada pameran InterFOOD 2022 di Jakarta International Expo Kemayoran, 9-12 November 2022.

“Kami ingin mengenalkan berbagai macam inovasi produk flooring system bagi industri makanan dan minuman, seperti Propan Antislip Coatings, Polyfloor Epoxy S-900, Polyfloor PU Concrete 1.5 mm, dan Polyfloor Epoxy PFT-215 HI yang sangat cocok untuk pabrik makanan dan minuman. Produk-produk tersebut memiliki keunikan dan fungsinya tersendiri untuk lantai di industri makanan,” tambah Kris Rianto.

Product and Marketing Manager PT Propan Raya Ardi Marlian Oktandrianto mengatakan bahwa ada banyak sekali produk Propan, tetapi pada pameran ini fokusnya adalah produk mendukung industri makanan dan minuman. “Hadirnya produk Propan Anti Slip Coating dan Epoxy New Formula ini merupakan inovasi terbaru yang menjawab kebutuhan market cat lantai yang anti-slip atau anti-licin,” ucap Ardi Okta.

sumber: https://investor.id/business/312869/tips-memilih-epoxy-lantai-pada-industri-makanan